News

2600 Petani Milenial Sukoharjo Dikerahkan Dukung Penanganan Stunting

08 May 2023 | News | Christina T.M. | 196 Views

"Sukoharjo punya 2600 petani milenial dari berbagai bidang ada pertanian, perikanan, peternakan, mekanisasi pertanian, dan produk olahan. Mereka bisa ikut mendukung upaya penanganan stunting dari hasil dan produknya," ungkap Bagas Windaryatmo, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Sabtu (5/5/2023). 

Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan keterlibatan petani milenial dalam acara 'Rembug Stunting Festival' yang digelar DKK Sukoharjo di The Park Mall Solobaru, Sukoharjo, 3-7 Mei 2023.

"Dalam event ini petani milenial dilibatkan dalam kampanye gemar makan ikan bersama 100 siswa SD, penyuluhan edukasi manfaat makan ikan dan talk show success story petani milenial." Imbuh Bagas.

Yang unik dan menarik, penyuluhan edukasi gemar makan ikan juga menghadirkan tokoh kartun Hero seperti Superman, Batman, Supergirl, Spiderman dan Gatotkaca.

Makan ikan itu tidak harus bentuk ikan langsung digoreng atau dibakar, tapi juga bisa dibentuk atau diolah dengan berbagai macam cara dan bentuk, seperti nugget, rolade, bakso, siomay, dan aneka sayur. 

Nampak anak anak antusias mendengarkan ajakan gemar makan ikan, termasuk saat diajak makan dengan menu ikan bersama di Food court Mall.

Pada kesempatan tersebut juga secara khusus disampaikan tentang produk Algae, mulai dari proses budidaya kolam, diolah hingga dijadikan produk. Lalu manfaat dan khasiat algae yang merupakan multivitamin terbukti membantu ketahanan tubuh dan kesehatan. Mengandung protein, vitamin e, betakaroten dan antioksidan.

"Saat ini sudah dikembangkan di Tawangsari, Nguter dan Mojolaban tapi akan dikembangkan di seluruh kecamatan di Sukoharjo, pemerintah Sukoharjo bersama Kodim 0726/Sukoharjo sangat mendukung pengembangan ini," imbuh Bagas

Pihaknya juga mendorong petani milenial untuk ikut mengembangkan budidaya algae, karena tidak harus kolam besar dengan kolam kecil dengan kelompok juga bisa berkembang.

Sumber: RMOLJateng