News

5 Pasar Ramadan untuk Berburu Takjil di Solo, Dijamin Bikin Kalap!

10 April 2023 | News | Christina T.M. | 405 Views

Berburu takjil menjadi salah satu aktivitas seru yang dapat kamu lakukan sambil menunggu buka puasa. Biasanya terdapat pasar takjil dadakan yang muncul selama bulan Ramadan. Hal ini terjadi di berbagai kota di Indonesia, termasuk Solo.

Buat kamu yang sedang berada di Solo, gak perlu bingung lagi mencari takjil. Setidaknya ada lima pasar Ramadan yang memiliki banyak pilihan dengan harga terjangkau. Mau tahu di mana saja? Yuk, simak hingga selesai!

1. The Park Mall Solo

5 Pasar Ramadan untuk Berburu Takjil di Solo, Dijamin Bikin Kalap!pasar ramadan the park mall solo (instagram.com/elnanda1402)

Mau nge-mall sambil mampir berburu takjil? Ada Pasar Ramadan di halaman The Park Mall Solo di Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru Madegondo, Grogol, Sukoharjo. Kamu bisa menempuhnya sekitar 10 menit dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Di sini kamu bisa mencicipi street food jadul maupun kekinian. Ada pula makanan berat seperti tengkleng dan gudeg.

Sambil ngabuburit, kamu bisa mencoba games interaktif dan menikmati festival musik. Ya, di sini ada live music yang bakal menghiburmu setiap sore hari. Pasar Ramadan ini berlangsung 24 Maret sampai 16 April 2023 mulai pukul 15.00–22.00 WIB.

2. Alun-alun Kidul Surakarta

5 Pasar Ramadan untuk Berburu Takjil di Solo, Dijamin Bikin Kalap!suasana pasar malam alkid solo (instagram.com/crzn_7)

Buat kamu yang rindu dengan kemeriahan pasar malam, bisa mengunjungi Alun-alun Kidul (Alkid) Surakarta. Berbeda dari yang lain, penjaja kuliner di sini bukan musiman, sehingga kamu tetap dapat menemukannya di luar bulan Ramadan. Semakin meriah setelah pasar malam resmi dibuka pada Sabtu (25/3/2023).

Pasar Ramadan satu ini cocok buat kamu yang ingin ngabuburit bersama keluarga, terutama yang memiliki anak kecil. Sejumlah wahana permainan anak-anak patut mereka coba. Di antaranya seperti bianglala, memancing, hingga mewarnai untuk melatih kreativitas anak.

3. Jalan Garuda Mas dan sepanjang jalan di depan Universitas Muhammadiyah Surakarta

5 Pasar Ramadan untuk Berburu Takjil di Solo, Dijamin Bikin Kalap!ilustrasi pasar ramadan (pixabay.com/litonakond)

Tempat lain yang kerap menjadi lokasi pasar Ramadan, yakni di Jalan Garuda Mas dan sepanjang jalan di depan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kamu dapat menemukan berbagai takjil dan jajanan lezat dengan harga terjangkau.

Di sini pula menjadi tempat favorit mahasiswa untuk berburu takjil maupun berjualan selama Ramadan. Karena tidak berada di area khusus yang lapang, sehingga kamu harus rela terkena macet saat lebih dari pukul 17.00 WIB. Jadi, buat kamu yang ingin berburu takjil di sini, usahakan datang lebih awal ya.

4. Pasar Takjil Jayengan

5 Pasar Ramadan untuk Berburu Takjil di Solo, Dijamin Bikin Kalap!ilustrasi penjual jajanan (pexels.com/aarti-krishnan)

Kamu pernah dengar adanya tradisi pembagian bubur samin selama Ramadan di Masjid Darussalam, Solo? Di depan masjidnya juga banyak penjaja takjil lho.

Area ini kerap disebut Pasar Takjil Jayengan. Tepatnya di Jalan Gatot Subroto, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.

Selain penjaja takjil di sepanjang jalan tersebut, deretan tempat makan juga dapat kamu temui. Seperti tempat makan tahu kupat, ketoprak, hingga es krim.

Kamu pun bisa ngabuburit, berburu takjil, sambil cari tempat makan untuk berbuka puasa dengan hidangan utama.

Tempatnya juga strategis, karena dekat dengan masjid. Kamu bisa menghabiskan waktu di sini setelah hingga salat Tarawih di sini.

5. Pasar Takjil UMKM 2023

5 Pasar Ramadan untuk Berburu Takjil di Solo, Dijamin Bikin Kalap!pasar takjil manahan (dok. pribadi/yakobus rinto)

Satu lagi tempat berburu takjil yang bisa kamu kunjungi di Solo, yakni Pasar Takjil UMKM 2023, atau dikenal pula sebagai Pasar Takjil Manahan. Berlokasi di Halaman Parkir Barat Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma, Manahan.

Pasar ini berlangsung selama 23 Maret–15 April 2023, pukul 15.00–19.00 WIB. Selain berburu takjil, kamu juga dapat menikmati live music setiap akhir pekan.

Apalagi lokasinya dekat dengan Taman Patung Kuda dan Stadion Manahan dan Taman Balekambang Surakarta, kamu pun bisa sambil ngabuburit di sana.

Buat kamu yang ingin berburu takjil di Solo, usahakan datang lebih awal. Sebab, berpotensi macet dan antrean pembeli semakin banyak. Selain itu, kamu perlu memperhatikan kebutuhan dan bujetmu, supaya gak kalap.

Penulis : Fatma Roisatin

Sumber: IDN Times